Kamis, 17 April 2014

GANGGUAN DAN PENYAKIT ORGAN REPRODUKSI PADA PRIA DAN WANITA


GANGGUAN DAN PENYAKIT ORGAN REPRODUKSI PADA PRIA DAN WANITA















NAMA      : ALIF SYAFITAR RIANSA
NPM      : 2011.05.05.0.0011
UNIVERSITAS ISLAM MADURA
( UIM )
PAMEKASAN
GANGGUAN DAN PENYAKIT ORGAN REPRODUKSI PADA PRIA DAN WANITA

1.    CondilomaAccuminata
Merupakanpenyakit yang disebabkanoleh virus Human papilloma.Penyakitiniditandaidengantimbulnyakutil yang dapatmembesardanakhirnyadapatmenimbulkankankermulutrahim.
2.    Endometriosis
Merupakangangguanakibatadanyajaringan endometrium dariluarrahim (uterus) yaitudapattumbuh di sekitarovarium, oviduk, servikdsb. Gejalanyapenyakitiniberupa rasa nyeriperut, pinggangterasasakit, dannyeripadasaatmenstruasi.Rasa nyeriinidisebabkanolehpengelupasanjaringan endometriosis.
3.    Epididimitis
Merupakaninfeksi yang seringterjadipadasaluranreproduksipria.Penyebabnyaadalah E. coli dan Chlamydia.
4.    Gonorhoe (KencingNanah)
Merupakanpenyakitkelamin yang disebabkanolehbakteri Neisseria gonorrhoeae.Penyakitkelamininibisamenularmelaluiseksbebas.Gejalanyaadalahkeluarcairanberwarnaputih, rasa nyeripadasaatbuang air kecil, padapriamuluturetrabengkakdanagakmerah.
5.    HamilAnggur (MolaHidalidosa)
Merupakansuatukehamilan yang tidakberisijanin, tetapiberisigelembung-gelembungmoladanbekuandarah.Hamilanggurdapatmenyebabkankesakitanataukematiankarenapendarahan, tembusnyadindingrahimoleh proses moladaninfeksi.
6.    Herpes Genitalis
Merupakanpenyakit yang disebabkanoleh virus herpes simpleks.Gejala yang timbuladalahbintil-bintilberkelompokpadakemaluan, hilangdantimbul, akhirnyamenetapseumurhidup.
7.    Hipogonadisme
Merupakanpenurunanfungsi testis yang disebabkanolehgangguaninteraksihormon, sepertihormon androgen dan  estrogen. Gangguaninimenyebabkaninfertilitas,  impotensi, dantidakadanyatanda-tandakepriaan. Penanganannyadapatdilakukandenganterapihormon.


8.    HIV (AIDS)
Merupakanpenyakit yang menyerangsistemkekebalantubuhsehinggadalamwaktu yang lama, penderitatidakmemilikisistemkekebalantubuh.Akibatnya, penderitadapatterbunuholehinfeksipenyakitringan, seperti flu atautifus.
9.    Impotensi
Merupakanketidakmampuan penis untukereksiataumempertahankan
ereksi. Gangguaninidapatdisebabkanolehberbagaifaktor, sepertigangguanproduksihormontestosteron, penyakit diabetes mellitus, kecanduanalkohol, dangangguansistemsaraf.
10. Infertilitas (Mandul)
Infertilitasatauketidaksuburandapatterjadipadapriaatauwanita.Padapriainfertilitasterjadikarenaadanyapenyakit, sepertiimpotensi, ejakulasidini, adanyasumbatanpadasaluransperma, adanyakelainangerakspermadankerusakan testis.Sedangkan, padawanitadisebabkanolehkelainanlendirleherrahim, adanya tumor, adanyasumbatanpadasalurantelur, menstruasitidakteraturdankarenaobesitas.
11. KankerOvarium
Merupakankanker yang menyerangindungtelurkiriataukanan, ataukedua-duanya.Kankerindungtelurbiasanyamenyerangperempuan yang sudah menopause (berumur 50 tahunkeatas).
12. KankerPayudara
Merupakankanker yang menyerangpayudara.Seorangwanita yang tidakpernahmenyusuibesarkemungkinandapatmenderitapenyakitini.
13. KankerProstat
Merupakankanker yang menyerangkelenjarprostatpadapria.Kankerinimenyebabkansel-seldalamkelenjarprostattumbuh abnormal dantidakterkendali.Kankerprostatbiasanyamenyerangpriausia 60 tahunkeatas.
14. Kanker Rahim
Merupakankanker yang menyerangdaerahrahim (uterus).Gangguaniniditandaidenganperdarahanpadavagianasecaratidak normal.
15. KankerServik (Leher Rahim)
Merupakankankerpadabagianservikswanita, banyakmenyerangwanita di atasumur 40 tahun.Kankerserviksdisebabkanolehinfeksi virus herpes dan human papilloma virus.

16. Kriptorkidisme
Merupakankegagalandarisatuataukedua testis untukturundarirongga abdomen kedalam scrotum padawaktubayi.Penangannyadapatdilakukandenganpemberianhormon human chorionic gonadotropin untukmerangsangtestoteron.
17. Orkitis
Merupakanperadanganpada testis yang disebabkanoleh  virusparotitis. Jikaterjadipadapriadewasadapatmenyebabkaninfertilitas.
18. PenyempitanSaluranTelur/ Oviduck
Kelainaninimerupakanfaktorbawaan, tetapiadapula yang disebabkankarenainfeksikumantertentu.Saluranoviduk yang sempitakanmembuatspermasulituntukmenjangkaubagiandalamsalurantersebut, sehinggamenyebabkanpembuahansulitterjadi.
19. Prostatitis
merupakanperadanganpadakelenjarprostat. Peradangankelenjarprostatinidapatdiikutiolehperadanganuretra.Penderita prostatitis memilikigejala-gejalasepertisakitsaatbuang air kecil.
20. Sifilis (Raja Singa)
Merupakanpenyakit yang disebabkanolehbakteriTreponemapallidum.Penyakitinimenularmelaluihubunganseksual.Gejala yang timbuladalahlukapadakemaluan, bintikataubercakmerah di tubuh, kelainansaraf, jantung, pembuluhsaraf, dankulit
21. NGU
NGU (Non-Gonococal urethritis) merupakanperadanganpadauretradanserviks yang disebabkanolehbakteri Chlamydia trachomatis danUreaplasmaurealyticum.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
nama saya alif syafitar riansa, panggil saja alif atau fitar atau riansa, informasi lebih lanjut lihat di ; facebook = Riansa cintanya bilqisAndbunda twitter = @syafitar instagram = riansa29 hp: 085258852727 Pin bbm = D0EC10F2
Diberdayakan oleh Blogger.