Rabu, 19 April 2017

LIVE UPDATE : Hasil Akhir Pilkada DKI 2017 Hitung Cepat Perolehan Suara Jakarta Putaran ke 2


paslon 2

 paslon 3


          Hasil Akhir Pilkada DKI 2017 Hitung Cepat Perolehan Suara Jakarta Putaran 2. Hitung cepat atau Quick Count Pilkada DKI Jakarta bukanlah hasil resmi. Hasil resmi Pilkada DKI akan dikeluarkan oleh KPU sendiri menggunakan cara manual dan rekapitulasi KPU DKI membutuhkan waktu lama, lebih kurang dua minggu.

Hari ini, Rabu (19/4/2017), warga Jakarta menggunakan hak pilihnya untuk memilih pemimpin DKI. Dua pasangan calon (paslon) yang mengikuti Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) DKI hari ini adalah petahana Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan wagub Djarot Saiful Hidayat sebagai paslon nomor urut 2, melawan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, paslon nomor urut 3.

Hitung cepat Pilkada DKI 2017 baru akan dimulai pukul 13:00 WIB. Mayoritas untuk mendapatkan data hitung cepat yang lebih akurat, exit pool Pilkada DKI menjadi sarana yang dipakai oleh para lembaga survei.

Perolehan suara Pilkada DKI 2017 akan bisa langsung dihitung dan seperti dilansir dari Kompas, Litbang Kompas menghitung persentase hasil pemilu di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang dipilih secara acak dengan metode statistik.

Hasil penghitungan suara sementara ini dikirim ke pusat sistem pengolahan data melalui pesan pendek atau SMS disertai komunikasi langsung dengan telepon. Setelah dihimpun dan diolah, informasi hasil perolehan suara sementara secara keseluruhan dapat dilihat pada hari ini juga.

Sementara itu KPU DKI memberikan standar khusus kepada lembaga survei yang melakukan proses hitung cepat atau quick count. Menurut KPU, quick count secara akademis harus terukur dan jelas.

“Kalau lembaga survei tentu bekerja seharusnya secara akademis terukur apa yang dia ingin dilakukan, misalnya, margin errornya berapa, metodenya seperti apa, sumber datanya dari mana, bagaimana cara memperoleh data,” kata Komisioner KPU DKI Jakarta, Betty Epsilon Idroos di kantornya, Jalan Salemba Raya, Senen, Jakarta Pusat, Selasa (18/4/17).


Berikut beberapa lembaga survei yang mengeluarkan perolehan suara hasil Pilkada DKI Jakarta 2017 melalui hitung cepat:

Litbang Kompas hasil final quick count 42% – 58%
Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA hasil final quick count 42,33% – 57,67%
Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) hasil final hitung cepat 41,94% – 58,06%
PolMark Indonesia hasil final hitung cepat 42,44% – 57,67%
Survei Charta Politika
Media Survei nasional (Median)
Indikator Politik
Hitung Cepat Indobarometer
Quick Count Cyrus Network

      Namun telah terlihat kegembiraan di tempat tim sukses paslon 3, dimana dari hasil hitung cepat tersebut telah terlihat kemenangan atas paslon 3.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
nama saya alif syafitar riansa, panggil saja alif atau fitar atau riansa, informasi lebih lanjut lihat di ; facebook = Riansa cintanya bilqisAndbunda twitter = @syafitar instagram = riansa29 hp: 085258852727 Pin bbm = D0EC10F2
Diberdayakan oleh Blogger.